Sunday, April 29, 2012

From BIkers to Bikers


Woy bro, apa kabar neh, teman2 bikers…
Mudah2an lo sehat2 aja kan, apalagi kalau perlengkapan tempur kita lengkap, masker, jaket, pelindung dada, full face helm, sepatu, sarung tangan… dan google kalo butuh…
Gitu dong sebagain bikers… Kalo nggga, bisa dikerok terus tuh abis nyampe rumah, kekeke

Gmana di jalan skr man?
Udah ga naek trotoar lagi kan?
Janganlah teman, itu kan bukan jalan kita
Kasian ama pejalan kaki yang sedang jalan di sana
Pasti mereka terganggu kan…
Sama aja kalau kita lagi tenang2 kemudian di salip tiba-tiba tanpa pemberitahuan…
Kaget dan pasti kesel dong…

Coba bayangkan kalo emak, babeh kita yang udah tua, atau istri, anak kita atau sodara yang kita kasihi sedang berjalan kaki di trotoar dan tiba2 terserempet oleh motor yang naek2 ke situ…
Mending kalau luka ringan, kalo sampe masuk rumah sakit gimana? Mau bayarin? Rumah sakit skr ga ada yang murah jek… wong kalo bisa kita jgn ampe sakit dah… dilarang sakit deh bagi yang pas2an… gue sih, lo engga lah, gue doain.. amiinn.

Sudahlah, kita jalan di jalan kita aja…
Macet sih memang di mana2, kaya lo ga tau Jakarte aje…
Pan TUHAN ngasih tau kite buat terus bersabar…
Emang lo bisa lebih cepet berapa menit dengan naek ke trotoar… paling2 Cuma 5-10 menit… ntar kesusul lagi deh ama gue… motor gue kan udah dijampi-jampi ma bang komeng… wush wush… hehehe canda broo…

Eh, lo pernah liat kan video ibu2 yang ngga mau minggir waktu banyak motor naek ke trotoar…
Daerah semanggi deh, kalo gue ga salah liat…
coba kalo waktu itu lo yang kerekam…
Maann, mau dibawa ke manaa hubungan kita… eh, maksudnya mau disimpan di mana muka kitaa… wong udah masuk yutub… hiiihhh…
mending lo bikin video lipsing kaya sinta dan jojo atau briptu norman (eh udah engga jadi polisi lagi pan ya) yang terkenal dan dipanggil ke empat mata deh…
 kalo mau nyaingin si polisi ganteng itu mah susah men… bukan Cuma dompet yang pas2an, muke juga… upss canda lagi broo…

Ngingetin aja ma fren, ga perlu lah harus ada polisi baru kita ikut peraturan…
Kalo semua disipilin, teratur, kite juga kan yang enak… tul ga?

Gue percaya banget deh, kalo lo bisa lebih bijak …
Kite jadi contoh buat generasi muda skr..
Kudu mau jaim dikit, biar org2 pada segen…
Biar macet2 juga, nyang penting ga mengambil hak orang… mantap bgt kan gan!!
Hidup bikers… tapi tetep ikut peraturan dan sopan… woke…
I’m proud of you mennn…!!!

Salam tancap gass…
One of bikers

#laporandaribalikhelm

Tuesday, April 24, 2012

No Rain - Blind Melon

Special for Foye, Agus, and Asep... Keep Bubble Chamber's rocking!! Really miss our moments together, guys!

All I can say is that my life is pretty plain
I like watchin' the puddles gather rain
And all I can do is just pour some tea for two
and speak my point of view
But it's not sane, It's not sane

I just want some one to say to me
I'll always be there when you wake
Ya know I'd like to keep my cheeks dry today
So stay with me and I'll have it made

And I don't understand why I sleep all day
And I start to complain that there's no rain
And all I can do is read a book to stay awake
And it rips my life away, but it's a great escape
escape...escape...escape...
All I can say is that my life is pretty plain
ya don't like my point of view
ya think I'm insane
Its not sane...it's not sane. 

-Played by Bubble Chamber's in Afternoon Coffee Session in front of GKU Lama, ITB-

Seruan ALLAH di Bantaran Batanghari

Kriiing...kriiing... dua kali telepon itu berbunyi, hingga saya terbangun.
"Ya, halo" jawabku dengan nada datar.
"To, udah jam setengah enam, jadi kita shalat dulu terus makan kan?" timpal dari ujung kabel.
"Oh iya pak, saya mandi sebentar, nanti ketemu di lobi ya." saya membalas.

Untung Pak Rahman berhasil membangunkan saya, mengingat hari ini begitu padatnya jadwal dari tadi pagi. Boarding jam 6 pagi menuju Padang dan menempuh sekitar 5 jam untuk mencapai Sungai Batanghari. Padahal baru saja dua hari yang lalu kembali dari Atambua, memang semua mesti beres cepat karena perwakilan dari JETRO menginginkan semuanya selesai dalam satu minggu. Tapi perjalanan kali ini begitu saya nikmati, karena inilah pertama kali saya menginjakkan kaki di Sumatera Barat. Akhirnya saya berkesempatan, makan nasi padang di padang. Hehehe....

Rencananya besok, rombongan akan kembali meninjau Sungai Batanghari sehingga kami menginap di bantaran sungai. Memang tidak besar hotel yang kami masuki, tapi cukup nyaman untuk sekedar melepaskan penat dan lelah. Selesai mandi, saya bergegas untuk menuju lobi dengan tak lupa memberi kabar pada calon istri di Jakarta. Maklumlah, empat bulan lagi kami akan menikah dan dia selalu mewanti-wanti untuk berhati-hati karena seringkali banyak kejadian yang diluar keinginan jika menjelang hari H. Amis itulah istilah yang dia pakai.

Dari kejauhan, siur-siur saya mendengar suara adzan di seberang jalan. Bergegas saya menuruni tangga dan mendapati Pak Rahman sudah siap untuk berangkat. Tidak lama, kami pun sudah mencapai masjid di dekat hotel, persis di belakang rumah makan Padang yang sudah saya incar sebelumnya. Masjid itu terlihat sangat sederhana, bahkan jika tidak ada pengeras suara, kami tak tahu kalau itu sebuah masjid. Saya ingat sekali tempat wudhu yang menggunakan guci dengan sebatang kayu sebagai penutup kerannya. Di dalam masjid, sudah bersiap tiga orang berpakaian gamis dan satu orang di antaranya menggunakan sorban dan sudah terlihat tua. Saya berasumsi beliaulah pengurus sekaligus imam masjid ini. Maghrib itu kami lewati dengan syahdu ditemani suara aliran arus Batanghari. Selesai shalat, kami pun melepaskan lapar di restoran Padang incaran tadi.

Sekitar restoran, banyak sekali pedagang menjajakan buah dan makanan asli sana, dan salah satu kios tampaknya menarik perhatian Pak Rahman yang membuat beliau begitu lama mencari dan memilih di sana setelah selesai makan. Saya tidak mencari apa-apa di sana, lebih baik beli oleh-oleh di Padang saja pikir saya. Lama di satu kios, saya tersadar bahwa waktu Isya sudah masuk. Berpamitan dulu ke Pak Rahman, saya kembali ke masjid tadi. Kali ini saya hanya bertemu dengan bapak imam masjid tadi saja, tidak ada orang lain dan saya pun berwudhu.

Menunggu waktu masuk Isya, saya berdiri mematung dekat pintu masjid dan menanti muadzin mengumandangkan adzan karena memang sebentar lagi masuk waktunya. 1 menit... 3 menit... 5 menit... 8 menit, kok belum ada yang adzan padahal saya sudah mendengar suara adzan di tempat lain, di sini belum. Sedang saya menghitung waktu, tiba-tiba saya dikagetkan oleh sapaan bapak tadi. Dengan senyum yang menenangkan hati (mungkin seperti ini senyumnya ahli surga, amiin), bapak tersebut menegur saya.
"Assalamualaikum dik, bantu bapak boleh" sapanya.
"Walaikum salam, boleh pak kalau saya bisa" jawab saya sedikit bingung.
"Kebetulan muadzinnya belum datang, dan saya akan menjadi imam, jadi mungkin bisa bantu saya untuk mengumandangkan adzan, waktunya sudah masuk." jelas bapak tadi.
"Adzan pak? Pakai pengeras suara?" kilah saya dengan semakin bingung. Maklumlah saya mungkin pernah adzan di mushala kampus atau kantor, tapi belum pernah di masjid dan menggunakan pengeras suara di tempat terpencil pulak.
"Iya dik, tinggal tekan ini supaya bisa terdengar keluar, tolong ya" bapak tadi dengan menunjukkan caranya.
"Saya coba pak" jawab saya. Coba??? Kalau gagal gimana... sekejap keringat dingin melanda. Wah, kacau kalau tiba-tiba suara hilang dan banyak orang mendengar. Tapi tak ada yang saya kenal di sini, dan ini perpanjangan suara ALLAH, kenapa mesti takut, pikiran saya sedikit menguatkan. Ok, I'll do it then... Bismillah...

Saya mengikuti petunjuk bapak tadi, dan berdoa sebentar berharap ALLAH memudahkan proses ini. Mmm, pakai nada dari mana ya, kalau langsung tinggi, nanti susah di ujung. Kalau terlalu rendah, takut tidak terdengar. Haduh, kok jadi mikir ke mana-mana. Fokus, fokus.... dan akhirnya seruan itupun keluar dari ujung tenggorokan saya. Jangan terburu-buru, hanya itu yang saya usahakan. Dan Alhamdulillah, pengalaman pertama menjadi muadzin di masjid pun terjadi begitu saja. Sangat di luar pikiran, di satu tempat terpencil tapi sangat mengesankan. Memang tidak ada yang istimewa jika dipandang dari satu sisi, tapi sangat menggetarkan hati pada saat ALLAH mengizinkan kita menjadi wakil-NYA dalam menyeru hamba-NYA untuk bersiap menyembah-NYA. Seruan itupun tersampaikan.

Hayya alash shalaaaahhhh.... Marilah kita shalat...
Hayya alal fallaaaahh... Marilah kita menuju kemenangan...


Bendungan Sungai Batanghari, Dharmasraya, Sumatera Barat, 22 April 2008

Tuesday, April 17, 2012

Sleepy in Hole Noon (Nguantuk di Siang Bolong)

"Bro, I sleep dulu, lo turun duluan aja ya, pengaruh obat neh" bisik gua kepada teman setelah selesai shalat dzuhur berjamaah, agar tidak mengganggu jamaah yang lain. Hari ini, waktu berjalan sangat lambat, lebih banyak diisi oleh kantuk dan sedikit pegel-pegel di tubuh yang mulai usang padahal belom waktunya.

Tadi malam, sulit sekali tidur. Emang karena ada bola sih, Arsenal lawan Wigan jam 2 dini hari dan juga sepertinya si teteh (Malika, anak semata wayang) agak tidak nyenyak tidurnya. Beberapa kali dia bangun dan menangis meminta untuk diayun2. Lengkap sudah, mulai jam 2 hingga shalat subuh, mataku tidak terpejam. Imbasnya, yup, ngantuk di kantor.

Tapi seperti hari kemarin, tidur di sudut mushola benar2 membuat badan kembali segar. Teringat hadits shahih bahwa Rasulullah beberapa kali tidur siang selepas shalat dzuhur. Dan memang apa yang beliau contohkan benar2 hal yang terbaik... Cuma besok mau tidur siang lagi... mmm kayanya gua milih tidur cepet hari ini... Beresin sedikit thesis dan terlelap deh. Oh iya, menyapa bokap dulu, soalnya beliau datang hari ini. Semangat! walau Arsenal kalah di kandang... *cape deh

Test Drive

Cek cek 1...2...3...
Udah 6 tahun euy, bulukan kayanya.